Dengan ini disampaikan Tes Bakat Skolastik untuk Kelas XII sebagai berikut :

tes bakat

Tes Bakat Skolastik (TBS) adalah sebuah tes yang bertujuan untuk mengetahui bakat dan kemampuan seseorang di bidang kemampuan. Tes ini juga dapat mencerminkan tingkat kecerdasan intelektual (IQ) seseorang. Di Indonesia, tes ini telah menjadi salah satu tes standar ujian masuk Perguruan Tinggi maupun tes penyaringan untuk keperluan lainnya.

Tes Bakat Skolastik ini umumnya memiliki empat jenis soal, yaitu:

  • Tes verbal (bahasa).

Tes verbal berfungsi untuk mengukur kemampuan seseorang di bidang kata dan bahasa. Tes ini meliputi tes sinonim (persamaan kata), tes antonim (lawan kata), tes padanan hubungan kata, dan tes pengelompokan kata.

  • Tes numerik (angka).

Tes numerik berfungsi mengukur kemampuan seseorang di bidang angka dalam rangka berpikir terstruktur dan logis matematis. Tes ini meliputi tes aritmatik (hitungan), tes seri angka, tes seri huruf, tes logika angka, dan tes angka dalam cerita.

  • Tes logika. Tes logika berfungsi mengukur kemampuan seseorang dalam penalaran dan pemecahan persoalan secara logis atau masuk akal. Tes logika ini meliputi tes logika umum, tes analisa pernyataan dan kesimpulan (silogisme), tes logika cerita, dan tes logika diagram.
  • Tes spasial (gambar). Tes spasial berfungsi mengukur daya logika (imajinasi) ruang yang dimiliki seseorang. Tes ini terdiri dari tes padanan hubungan gambar, tes seri gambar, tes pengelompokkan gambar, tes bayangan gambar, dan tes identifikasi gambar.

Tips dan Trik Tes Bakat Skolastik

Sebagian orang menganggap Tes Bakat Skolastik sebagai tes yang sulit dan membingungkan. Namun, ada beberapa tips dan trik yang dapat membantu kalian agar sukses mengerjakan TBS ini, yaitu:

  • Berlatih soal-soal TBS sebanyak mungkin dan patuhi batasan waktu dalam mengerjakan TBS yang ada.
  • Untuk menghadapi tes numerik (angka), Kamu tidak perlu menghapal berbagai macam rumus matematika yang rumit. Yang diperlukan adalah logika berpikir terstruktur.
  • Saat Kamu mengerjakan soal-soal TBS, kondisikan diri Kamu dalam keadaan konsentrasi penuh, namun rileks, tidak tegang, dan tidak panik.
  • Jangan terlalu terpaku dan penasaran untuk mengerjakan satu soal tertentu saja. Hal ini akan membuat waktu Kamu terkuras untuk mengerjakan soal tersebut.

Comments   

0 #1 Ricky 2018-09-29 07:37
Bagi adik2, kakak alumni 95 sudah menyiapkan tempat utk curhat/konsultasi di menu forum. Silahkan register dan login maka menu forum akan muncul.
Quote

Add comment


Security code
Refresh